Selasa, 02 Juli 2013

Pesantren Kilat Bekal Iman

Assalamu'alaikum Wr Wb para pembaca.. 


Hari Sabtu dan Minggu yang lalu (29-30/06) saya mengikuti pesantren kilat di kantor ibu saya Sucofindo, untuk mengisi liburan yang masih panjang. Pesantren kilat ini diselenggarakan oleh Sucofindo dan dibantu tim event organizer GreatLine. Kegiatan pesantren kilat ini diramaikan oleh 47 putra dan putri anak atau keponakan karyawan Sucofindo, yang sama-sama mencari kegiatan mengisi liburan. Selama pesantren, kami melakukan kebanyakan kegiatan kami di dalam masjid dan sebagian masih di daerah masjid, juga tidur di dalam masjid.

Hari pertama - Sabtu 29/06/2013, pertama kali kami makan siang bersama lalu menghadiri pembukaan acara yang berisi sambutan juga perkenalan dengan pembimbing kami dari GreatLine, lanjut dengan game untuk membuat suasana lebih akrab. Lalu dibawakanlah materi pertama oleh Kak Agus tentang Ngefren Bareng Islam,  kami diajarkan bahwa untuk menjadi muslim yang baik harus Seger (sehat), Pinter dan Bener (niat baik). Pada materi pertama juga dilakukan berbagai game yang membutuhkan kerjasama dan agak aneh, kami disuruh membuat bangunan dari kertas bekas dan sedotan, ada yang buat asal lipat saja, ada yang main panjang-panjangan sedotan, dan ada yang buat pesawat kertas, sama sekali tidak ada hubungan.

Setelah Shalat Ashar dan makan cemilan, kami lanjut ke materi kedua yang dibawakan Kak Adim tentang Perang Pemikiran, Islam Is My Way yang termasuk favoritku karena banyak pengetahuan sejarahnya, kami diperlihatkan video tentang sejarah Islam, bahwa zaman dahulu Islam berjaya, banyak ilmuwan hebat yang datang dari Islam, dan peradabannya yang lebih maju daripada bangsa lain. Selesai materi, kami bersiap-siap untuk Shalat Maghrib, ada yang mandi, ganti baju dan hanya cuci muka dan gosok gigi. Ketika waktu Maghrib tiba, kami Shalat Maghrib berjamaah dan berdzikir bersama, lalu makan malam KFC bersama dan Shalat Isya berjamaah. Malam hari kami diisi dengan permainan antar kelompok seperti baris sesuai kategori tertentu dan membuat lingkaran sesuai jumlah yang diminta, kelompok kami berhasil memenangkan permainan tersebut dan mendapat hadiah Pepsi, semuanya apalagi yang masih kecil-kecil minta agar Pepsinya dikocok agar meledak.. dari permainan tersebut ketahuan juga Hari Sabtu itu ada yang ulang tahun, satu orang laki-laki dan satu perempuan, mereka gagal untuk menjawab pertanyaan dan dapat hukuman di coreng pakai tepung oleh satu-satu peserta, seru sekali..

Materi yang ketiga dan terakhir diajarkan oleh Kak Ahsan tentang motivasi belajar, materinya bagus dan cara penyampaiannya juga menarik. Kami diajarkan cara-cara efektif untuk membantu belajar, yaitu dengan mengetahui tipe apakah cara belajar kita? Ada yang tipe Visual yaitu yang lebih suka dengan gambar atau film, tipe Auditori atau yang lebih menangkap pelajaran dengan mendengarkan guru atau cerita, dan tipe Kinestetik yang lebih senang melakukan gerakan tubuh. Tanpa sadar saat itu kami sedang dilatih menggunakan cara-cara belajar tersebut dengan mendengarkan cerita dan menjawabnya, menebak gambar dalam gambar ilusi, itu yang membuat seru. Kami juga diajarkan bahwa orang yang lebih sukses adalah orang mengambil aksi untuk mencapai suksesnya, kami dipancing oleh Kak Ahsan dengan sebuah hadiah, semuanya hanya bilang mau mau saja padahal maksudnya agar ada yang mengambil, eh.. setelah dikasih tau suruh ambil akhirnya tiga orang langsung rebutan seperti tawuran. Cara ini mirip-mirip caranya Tung Desem yang memancing pesertanya dengan uang 50 ribu, dan akhirnya satu orang yang mau mengambil, itu artinyabanyak orang yang mau sukses tapi hanya mau-mau dan tidak ada action. Terakhir sebelum tidur kami diberikan renungan untuk beribadah dan ingat akan kematian, banyak yang menangis akibat keseriusan Kak Adim dalam menyampaikan renungannya. Jam menunjukkan pukul 22.45 dan kami pergi ke posisi sajadah masing-masing dan mengatur diri agar nyaman ketika tidur di sajadah masjid, ada yang langsung tidur karena sangat lelah dan ada juga yang main sampai jam 11 lewat.
Selesailah hari pertama pesantren kilat kami, hari kedua dilanjutkan di post berikutnya..
Wassalamu'alaikum Wr Wb