Senin, 08 Juli 2013

BUMN Berbagi Sembako


BUMN Berbagi Sembako adalah kegiatan yang dilaksanakan kantor ibuku, PT Sucofindo dalam rangka menjelang Ramadhan dan berbagi dengan warga sekitar lingkungan Sucofindo yang terletak di daerah Pancoran, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Barang-barang yang dibagikan dalam satu paket antara lain; 5 kg beras, 2 liter minyak, kornet, gula dll. Aku juga ikut membantu dalam kegiatan ini yang dilaksanakan pada hari Jum’at 5 Juli kemarin, dalam rangka mengisi liburan dan mengisi Labscare. Aku juga ditemani anak dari teman ibuku, Rifqy yang naik kelas 6 SD.

Kami memulai kegiatan setelah Shalat Jum’at dan setelah makan siang. Di kantor masjid sudah terlihat tim PKBL yang sudah hampir selesai mengemas barang dan menyiapkan sistem pengambilannya. Kupon untuk mendapat sembako gratis ini dibagikan kepada 400 orang, dan saat itu juga ada 400 paket sebako yang berjejer dan bertumpuk dimana-mana. Ketika gelombang pertama datang, aku dan Rifqy siap di posisi untuk mengoper kantongan sembako ke meja pengambilan. Kurang dari setengah jam pertama keadaan benar-benar ramai, ketika sudah ada yang pulang, ada lagi yang datang dan seterusnya. Warga yang mengambil sembako juga beragam, ada yang masih muda yang mengambilkan untuk orangtuanya, ada yang sudah 70 tahunan, ibu-ibu rempong, yang suka latah, bapak-bapak, dan ada juga 3 orang warga yang memberikan 10 kupon sembako sampai-sampai harus bawa motor roda 3 sendiri untuk membawanya; barangkali titipan tetangga, ya macam-macam lah..

Awalnya banyak yang tidak mengerti jalur untuk pengambilan, mana yang masuk dan mana yang keluar. Jalur untuk pengambilan tidak terlalu rumit, dari pintu masuk masjid, jalan melewati pinggir masjid, dan ke meja pengambilan, tapi ada yang bingung dan memotong jalan ke meja pengambilan. Karena masalah itu, kami ditugaskan untuk mengarahkan warga yang bingung ke jalan yang benar, agak repot karena banyak yang sering salah jalan. Tapi lama-lama keadaan makin sepi dan makin sepi, maka aku dan Rifqy beristirahat di halaman masjid sambil mengobrol dan juga mengitari masjid. Perkiraan kami sudah lebih dari setengah dari total warga yang sudah mengambil, ternyata belum juga ada setengah.

Sampai waktu Shalat Ashar, semua meninggalkan pekerjaan sementara untuk Shalat berjamaah. Ketika itu keadaan kembali ramai dengan warga yang mengantri lebih panjang dari pertama kali. Tim PKBL kembali bekerja sementara aku dan Rifqy kembali ke gedung kantor. Ketika kembali, hari sudah sore dan kami bersiap-siap pulang.

Kegiatan BUMN berbagi sembako ini merupakan kegiatan yang baik karena bertujuan membantu warga sekitar.Semoga PT Sucofindo bisa terus melaksanakan kegiatan ini tanpa masalah. Yang harus diperbaiki mungkin jalur pengambilannya karena masih banyak yang salah jalan, dan orang yang menerima jangan hanya di sekitar Sucofindo saja tapi juga di tempat lain.

Sekian pengalaman saya dalam kegiatan ini, jika ada kesalahan atau saran silahkan di comment saja, terimakasih..