Selasa, 02 Juli 2013

Pesantren & Outbond

Assalamu'alaikum Wr Wb teman-teman pembaca..

Kali ini saya lanjutkan pengalaman pesantren kilat saya di hari kedua
Hari kedua - Hari Minggu 30/06/2013 pagi pukul 03.30 kami dibangunkan oleh kakak pembimbing untuk shalat malam, sementara badan masih capek dan kedinginan akibat kekuatan AC di masjid ini, tengah malam aku terbangun dua kali karena kedinginan dan memperhatikan semuanya tertidur lelap dan bahkan ada yang mendengkur keras.. Kami shalat malam berjamaah 8 rakaat dan 3 witir lalu dilanjutkan dengan tadarus Qur’an dan Dzikir Alma’tsurat untuk mengisi waktu menjelang Shubuh. Kami Shalat Shubuh berjamaah dan setelah selesai aku menyegarkan diri dengan mandi pagi, selesai mandi langsung aku dan teman-teman sarapan bubur bersama sebelum senam dan outbond.



Hari masih pagi jam 7 dan kami sudah melakukan stretching dan senam Poco-Poco bersama di lapangan parkir, diiringi oleh lagu muslim dan juga dangdut. Kami memulai outbond bersama kelompok yang kami buat kemarin malam, dan tugasnya untuk membuat nama kelompok dua kata dari nama binatang beserta yel-yelnya. Berdasarkan keputusan yang aneh kami menamai kelompok kami Rayap Laut dan yel-yelnya menggunakan lagu Iwak Peyek yang liriknya Rayap Laut ok dan pasti menang, kelompok putri jumlahnya dua; Kupu-Kupu dan Beruang Kutub dan kelompok laki-lakinya dua; Rayap Laut yang isinya sebagian besar anak SMP dan Kodok Metal yang all SD. Dari 10 lebih permainan, kelompok kami; Rayap Laut memenangkan 6 diantaranya, tapi tetap yang palingbanyak menang. Permainannya seperti Hujan Abu dimana kami disuruh memindahkan tepung dari depan kebelakang dengan tangan dan tidak boleh berbalik; Flying Egg, segokil namanya memang kami harus memindahkan telur puyuh dan telur ayam dengan melemparnya, ditutup dengan lempar telur sejauh 4 meter (4 telur puyuh, 2 telur ayam); Pesan berantai yang membisikkan pesan ditambah membawa lilin menyala; juga Perang Air sebagai penutup, yaitu perang dengan kantong air, hebohnya lagi mata peserta ditutup dan semua saling teriakan memberi komando.

Selesai permainan kami semua putih karena tepung, amis bau telor, kotor, juga basah, tapi semuanya senang berkompetisi dalam pemainan outbond, semuanya bekerja sama dan sangat bersemangat untuk menang. Kami membersihkan diri dengan mandi juga Makan KFC bersama dan diikuti Shalat Zuhur berjamaah. Tibalah saatnya untuk pembagian hadiah dan Doorprize, ada yang dapat hadiah karena melakukan pembacaan Qur’an ketika pembukaan, karena hadir pertama, menjawab pertanyaan, juga kelompok juara Outbond. Sebagian besar mendapat hadiah dan semuanya senang, diakhiri foto bersama, kami mengemas barang-barang, mengambil sertifikat dan pulang.

Kegiatan Pesantren Kilat dari Sucofindo ini memang ada pada saat yang tepat, ketika liburan sekolah dan juga sebelum Ramadhan, cocok untuk mengisi liburan sekolah dan bekal iman dan ilmu agama untuk Puasa Ramadhan. Kegiatannya juga seru dan tidak membosankan, tapi kurangnya proporsionalitas mini games karena ada peserta yang masih kelas 4 SD dan ada juga yang sudah lulus SMP. Kegiatan ini berhasil membuat kami saling kenal dan bekerja juga bermain bersama serta menambah ilmu pengetahuan. Hal-hal yang perlu diperbaiki selanjutnya menurut saya adalah membagikan buku Dzikir Alma’tsurat karena ketika dzikir bersama panduan kami hanyalah sebuah proyektor didepan dan ada yang tidak kelihatan dan juga terlalu lama; Mini games disesuaikan dengan umur, tempat sampah diperbanyak, dan lainnya. Mudah-mudahan acara Pesantren Kilat selanjutnya bisa lebih baik dan kekurangannya bisa diperbaiki. Inilah akhir dari kisah saya selama mengikuti pesantren kilat

Sekian

Wassalamu’alaikum Wr Wb