Jumat, 22 Februari 2013

Labs Creativity, Our Invention


Labs Creativity adalah program untuk mengembangkan kreativitas para siswa SMP Labschool Jakarta. Dalam Labs Creativity, kami disuruh membuat suatu penemuan yang bisa merupakan inovasi, maupun modifikasi dari alat-alat yang sudah ada. Saat angkatan 21, Labs Creativity dilaksanakan tanggal 18-22 Februari 2013. Labs Creativity juga merupakan kegiatan yang masih baru, kegiatan ini baru dilaksanakan 3 kali sampai sekarang. Pemenang dari lomba Labs Creativity akan mendapatkan hadiah dari sekolah dan untuk yang menciptakan penemuan yang masih asli, maka bisa mendapat royalti dari perusahaan yang berminat untuk membeli alat tersebut.
Saya dan kelompok saya membuat sebuah alat yang kami namai stand up book. Yaitu sebuah alat berupa meja portabel yang diperuntukkan untuk memudahkan dalam membaca. Alat ini terbuat dari karton dus dan karton tebal yang dirangkap menjadi dua, dan dengan penyangga dari plastik tebal serta dilengkapi dengan aksesoris lampu baca. Bagian papan atasnya dapat di buka seperti laptop hingga 70 derajat, lalu letakkan buku di papan untuk membaca, lalu dapat dinyalakan lampu yang ada jika membaca ditempat yang gelap.



Stand Up Book
Fungsi utamanya adalah untuk membaca, tetapi juga dapat difungsikan untuk menulis atau membuat catatan. Caranya, papan atas diangkat dan penyangga dijepit ditengah handle. Jika akan dibawa-bawa, Stand Up Book tinggal ditutup sehingga bentuknya menjadi mirip koper. Dalam posisi ditutup, Stand Up Book juga dapat menjadi alas tatakan laptop berukuran kecil, dan karena memiliki tekstur yang kasar dan rata, dapat juga untuk menggunakan mouse. Kelemahan yang dimiliki Stand Up Book adalah ia masih kekurangan warna.

Alat-alat yang dibuat juga nantinya akan dipajang di pameran Labs Creativity tanggal 22/02/2013 untuk dilihat dan dicoba murid, guru, ataupun orangtua siswa. Dipilih 2 orang dari tiap kelompok untuk bergantian menjaga stand dan mempresentasikan mengenai barang temuannya. Stand kami dihias dengan papan display mengenai alat yang kami buat, alat Stand Up Book, dan buku sebagai alat peraga.
Pada pameran ini presesntasi dan peragaan tentang cara menggunakan alat merupakan bagian yang sangat penting dalam menunjukkan kehebatan dari alat yang diciptakan, karena itu saya sebagai penggagas ide juga turut serta dalam menjaga stand. Alhamdulillah, alat kami mendapat respon yang baik dari semua orang yang melihat alat kami. Alat-alat ini juga akan dinilai untuk menentukan juara, mudah-mudahan alat saya dan teman-teman inilah yang nantinya akan menjadi juara.