Jumat, 15 Februari 2013

Kegiatan Setelah Jum'atan, Labscare!

Kegiatan Labscare merupakan kegiatan yang sering saya dan teman-teman lakukan tiap Jum’at. Labscare atau Labschool Student Social Care adalah salah satu syarat kelulusan di SMP Labschool. Kegiatan Labscare adalah program SMP Labschool dimana siswa harus melakukan 20 jam atau lebih kegiatan sosial selama di SMP Labschool, contoh kegiatan sosial tersebut adalah ikut kerja bakti, melakukan kegiatan bakti sosial, sampai kegiatan yang bisa saya bilang mudah yaitu beres-beres masjid!

Ikuti cerita saya dan teman-teman.

Hari Jum’at ini 15/02/2013, juga merupakan hari peringatan maulid nabi di SMP Labschool Jakarta (lihat artikel sebelumnya). Hari ini kami juga bubar pagi yaitu jam 11.00 WIB, sebagian siswa pulang pukul 11 dan ada juga yang menetap untuk Shalat Jum’at dahulu di masjid Labschool. Saya adalah orang yang menetap di sekolah untuk shalat Jum’at terlebih dahulu.

Masjid Baitul ‘Ilmi atau masjid Labschool adalah masjid dengan 3 tingkat, jika waktunya Shalat Jum’at semua lantai penuh dengan orang-orang dari SMP & SMA Labschool, SD IKIP, mahasiswa UNJ, guru, penjemput dan lain-lainnya. Karena itu tentunya dibutuhkan banyak sekali sajadah untuk alas shalat ratusan orang yang datang.

Usai shalat Jum’at, semua pun pulang atau mengikuti kegiatan ekstrakulikuler atau mungkin bermain dulu. Tetapi tidak untuk saya dan teman-teman saya, kami menetap di masjid dan beres-beres sajadah yang digunakan untuk Shalat Jum’at. Kami bertugas menggulung dan menaruh sajadah kembali pada gudangnya. Kami pun membagi tugas, sebagian dari kami bertugas untuk menggulung sajadah, sebagian lagi mengangkat gulungan sajadah, ada lagi yang menata sajadah di gudangnya.

Dengan kerjasama yang kompak dan tekad, kami berhasil merapihkan sajadah dari lantai 1 sampai lantai 3. Memang ini adalah kerja keras dan rata-rata tiap minggu kami mendapat 1 jam Labscare. Tetapi jika dilakukan secara terus-menerus kita pasti bisa mencapai goal 20 jam..

Yang saya kagumi adalah pengurus masjid yang selalu setia pada pekerjaannya setiap minggu, bahkan setiap hari pun tetap menjaga kebersihan masjid, tempat wudhu, dan mengurus segala peralatan masjid, dan itu bukan pekerjaan yang mudah. Mereka adalah pahlawan tanpa tanda jasa, melakukan pekerjaan yang tampaknya sepele tetapi belum tentu semua orang mau melakukan. Seperti halnya pekerjaan satpam dan pramubakti.

Nilai yang saya dapatkan dari kegiatan Labscare ini adalah melatih kekompakan, menjaga kebersihan, melatih mental dan fisik serta melatih untuk berbuat baik. Setiap perbuatan baik awalnya harus ada sedikit paksaan dan kemauan yang besar, tetapi setelah kita terbiasa berbuat baik kita akan melakukannya dengan mudah dan dengan hati yang ikhlas.

Sekian dari saya untuk artikel ini

Terimakasih dan selamat berbuat kebaikan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar