Senin, 11 Februari 2013

SAKSI Labschool 2013



Kegiatan SAKSI adalah singkatan dari Studi dan Apresiasi Kepemimpian Siswa Indonesia, yaitu sebuah kegiatan wajib di SMP Labschool yang dilaksanakan oleh kelas 7 di semester kedua atau untuk siswa pindahan maupun yang belum ikut. Kegiatan SAKSI ini bertujuan untuk melatih kemandirian siswa, melatih jiwa kepemimpinan, disiplin, serta melatih mental dan terutama fisik siswa. Kegiatan SAKSI sudah dilaksanakan selama 11 tahun dan dilaksanakan tiap tahun, dan pada tanggal 8-10 Februari 2013 kemarin, saya baru saja menyelesaikan kegiatan SAKSI 2013.


Kegiatan paling "mudah"? Makan Komando
SAKSI melatih kepemimpinan, kemandirian, disiplin, serta mental dan fisik. Kegiatan seperti apakah yang bisa melatih semua itu?? Coba pikirkan sebuah organisasi di Indonesia yang memiliki disiplin paling tinggi, memiliki jiwa kepemimpinan tinggi dan tugasnya adalah berbakti kepada bangsa Indonesia. Sudah bisa menjawabnya? Ya, jawabannya adalah TNI. Di kegiatan SAKSI kami dilatih selama 3 hari dan 2 malam di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kostrad di hutan Sangga Buana di Karawang, Jawa Barat. Dan tentunya kami dilatih secara terus menerus oleh tentara KOSTRAD (komando cadangan strategis angkatan darat) mulai dari pertama datang, baris-berbaris, makan komando, training melalui outbond, penyuluhan tentang bahaya narkoba, penanggulangan bisa ular dan masih banyak kegiatan latihan lainnya yang memang sangat seru.

Baris berbaris dipimpin TNI
Pada acara SAKSI dilaksanakan yang namanya outbond. Kegiatan outbond ini memiliki banyak permainan menantang seperti lempar pisau, rayapan basah, raffling, jembatan tali dua, jembatan tali tiga yang melewati diatas sawah, dan lain-lain. Kegiatan outbond di SAKSI memang menjadi spotlight dari SAKSI. Bagi saya outbond SAKSI merupakan kegiatan yang paling seru dan menantang, dimana kita harus basah-basahan, menguji keberanian dan kerjasama. Bahkan ada liputannya dari MNC TV mengenai outbond SAKSI.


Kegiatan Bakti sosial SAKSI
Pada kegiatan SAKSI juga akan dilaksanakan kegiatan bakti sosial dan bazar murah untuk warga dengan  keuangan terbatas yang tinggal disekitar lingkungan pusat pelatihan KOSTRAD. Kegiatan BAKSOS dilakukan oleh para sukarelawan diantaranya oleh orangtua murid, yang bertugas memberikan pengobatan gratis, memberikan paket sumbangan dan lain-lain. Untuk menjalankan berbagai program yang akan dilaksanakan pada BAKSOS seperti pembangunan MCK, renovasi masjid dan pemberian paket berisi sembako, siswa diminta keikhlasannya untuk menyumbang dalam kegiatan tersebut. Alhamdulillah, tahun 2013 ini angkatan kita berhasil mengumpulkan lebih dari 100 juta.

Apakah anda, siswa SMP Labschool siap melaksanakan kegiatan SAKSI? Don’t Worry karena seminggu sebelum kegiatan SAKSI dilaksanakan, kita akan mendapatkan Special Training yaitu kegiatan pra saksi  yang melatih kita dalam melakukan baris-berbaris, menyiapkan fisik dengan lari pagi, pembuatan tongkat dan vandel, materi mengenai SAKSI, menghafal lagu SAKSI, serta latihan lainnya yang melatih kesiapan kita menghadapi kegiatan SAKSI.

Sebuah pesan untuk teman-teman yang akan menghadapi kegiatan SAKSI. Jangan takut, karena semua kegiatan sudah disesuaikan dengan kemampuan kita, jalani semua kegiatan dengan pikiran yang positif, tetaplah kuat menghadapi situasi yang ada serta niatkan bahwa teman-teman datang untuk melatih diri. Dengan niat yang kuat, Insha Allah fisik dan mental teman-teman sudah siap mengikuti kegiatan SAKSI.

Mudah-mudahan kegiatan SAKSI bisa memberikan motivasi dan manfaat bagi teman-teman, bisa menyiapkan teman-teman untuk menjadi pemimpin di masa depan, dan melatih kedisiplinan teman-teman.

Semoga tulisan saya bisa berguna bagi teman-teman yang belum maupun sudah mengikuti kegiatan SAKSI. Saya juga akan menulis tentang kegiatan selama SAKSI 2013, yang akan saya terbitkan secepatnya.

Terimakasih,

Selamat Berlatih!!