Sabtu, 02 Maret 2013

Membacalah!

Membaca adalah hal yang sangat perlu, mengapa? Dalam kesempatan ini akan saya jelaskan mengapa anda harus banyak membaca, bagaimana membuat membaca itu menyenangkan dan apa manfaatnya.

Apa manfaat dari membaca buku?

Dengan membaca, kita mendapatkan informasi dan ilmu pengetahuan yang baru. Jika anda membaca mengenai biografi tokoh, anda dapat lebih mengenali tokoh tersebut dan anda juga mendapatkan motivasi dari membaca kisah dari tokoh tersebut. Membaca buku yang bersifat fiksi atau fantasi juga dapat meningkatkan imajinasi kita.

Membaca buku juga mengandung manfaat yang melebihi ceramah atau hal-hal lain yang diperoleh dari mendengar dan melihat. Ini disebabkan karena henya lewat membaca buku kita dapat menumbuhkan saraf-saraf kepala kita. Selain itu, membaca buku juga dapat menghindarkan kita dari berbagai penyakit.

Diantaranya penyakit Demensia yaitu sebuah penyakit yang merusak jaringan otak, dan jika sesorang terkena penyakit ini maka dapat dipastikan bahwa ia akan mengalami kepikuna, pernyataan tersebut diambil dari hasil penelitian Dr. C. Edward Coffey. Menurut penelitiannya yang lain, membaca buku juga dapat menciptakan semacam lapisan penyangga yang melindungi dan mengganti rugi peerubahan otak.

Bagaimana membuat membaca menyenangkan?

Pertama, yaitu dengan menganggap bahawa buku sebuah makanan yang sangat anda sukai contohnya pizza. Sebuah makanan yang kita sukai pastinya akan kita makan setiap saat, seperti halnya dengan buku, sebuah buku yang kita sukai akan kita baca pada pagi, siang, dan malam hari. Memakan pizza juga dilakukan dengan cara yang bermacam-macam, bisa dari pinggiran, bisa toppingnya terlebih dahulu dan lain-lain. Membaca buku juga dapat dilakukan dari bagian manapun, bisa dari awal, tengah, dari belakang atau dari bagian yang menurut anda menarik, agar anda merasa lebih tertarik lagi untuk membaca buku tersebut. Membaca buku juga dapat dilakukan dengan ngemil, yaitu membaca buku dengan mencicil pada berbagai waktu di hari, 5 halaman di siang hari, 10 halaman di sore hari, dan 10 halaman lagi di malam hari.

Kedua, membaca dengan gaya SAVI yaitu Somatis (gerakan), Audiotori (bunyi), Visual (gambar) dan Intelektual (merenungkan). Berikut cara- cara untuk mempraktekkan membaca gaya SAVI:

Somatis (gerakan). Saat membaca, anda tidak hanya duduk, gerakkanlah tubuh anda saat membaca. Setelah membaca beberapa halaman, gerakkan tangan, kaki, dan kepala anda. Lalu, baca kembali buku anda.

Auditori (bunyi). Sekali-kali bacalah buku dengan menyuarakannya. Dengan menyuarakan bacaan akan membantu memahami kalimat-kalimat yang menyulitkan. Karena selain dengan melihat, telinga kita juga membantu untuk mengartikannya.

Visual (gambar). Ini berhubungan dengan kekuatan imajinasi kita, cobalah untuk membayangkan apa yang anda baca. Lebih baik lagi jika menggambarkannya. Memvisualisasikan bacaan juga berguna untuk mempercepat pemahaman.

Intelektual (merenungkan). Saat membaca, berhentilah sejenak untuk merenungkan manfaat yang anda peroleh dari pembacaan anda. Merenungkan akan membantu mengingat kembali dan mendapatkan inti dari apa yang anda baca.

Itulah manfaat dan cara membaca buku lebih efektif. Saya harapkan tulisan saya ini dapat membuat para pembaca lebih banyak lagi membaca buku. Saat ini saya juga berusaha menerapkan teknik tersebut dalam membaca buku agar saya lebih memahami dan mendapatkan ilmu dari apa yang saya baca.

Satu lagi manfaat membaca buku adalah memudahkan untuk menulis. Tentunya jika kita menulis kita harus mempunyai contoh dari tulisan-tulisan yang baik. Maka, dengan membaca buku yang baik kita akan terbiasa dengan bagaimana sebuah tulisan yang baik itu.

Sekian dari saya,

Selamat membaca!