Jumat, 01 November 2013

INVITA, Travelling With Friends

SMP Labschool Jakarta membawa kami berjalan-jalan sambil belajar pada kegiatan INVITA , Industry Visit dan Tafakur Alam. Selama 5 hari kelas 8 jalan-jalan bersama ke Wonosobo, Jogja, Merapi, dan sekitarnya. Hari Rabu 23/10/13 kami berangkat dengan rombongan 6 Bus melalui jalur utara, perjalanan lamanya dari siang sampai pagi.

Bus kami cukup ramai dan juga tenang, karena tidak ada yang membawa film untuk ditonton. Salah satu penyebab keramaian adalah kehadiran Pak Intan (petugas kebersihan sekolah) yang tingkah laku dan lawakannya benar-benar konyol. Beberapa jam pertama penumpang masih semangat dan ketawa-ketawa, beberapa jam berikutnya baterai HP mulai habis dan semangat juga habis.

Hari Kedua

Kamis Shubuh kami sampai di Masjid Agung Wonosobo, disana kami sholat Shubuh dan cuci muka, sedangkan Pak Intan berani mandi dengan air sedingin es itu. Perjalanan dilanjutkan sampai  restoran Gayatri untuk makan, ganti baju dan naik Shuttle Bus ke Dataran tinggi Dieng, suhu si Wonosobo sangat dingin dan perjalanannya juga berkelok-kelok naik gunung. Sesampainya, kami mengunjungi pembangkit listrik tenaga panas bumi, PT Geo Dipa Energi. Lalu lanjut ke kawah Sikidang yang katanya kawah aktifnya berpindah-pindah. Lalu ke Candi Arjuna yang merupakan komplek candi-candi, dulunya sempat terendam air, padahal Wonosobo di dataran sangat tinggi..

Selesai wisata di Wonosobo, kami kembali ke tempat parkiran bus naik shuttle, naik turun mengelilingi gunung. Selanjutnya kami berangkat lagi, menuju Candi Borobudur untuk wisata budaya dan sejarah. Kami diajari dari A sampai Z tentang Candi Borobudur atau lebih tepatnya disebut stupa karena bukan tempat pemakaman. Filosofi yang menarik mengenai Borobudur adalah stupa-stupa yang berada di tingkat atas, yang berlubang dan tingkat 3 dari atas melambangkan hawa nafsu, diatasnya yang berlubang lebih kecil melambangkan hidup yang mulai diatur agama dan paling atas melambangkan kehidupan suci, tanpa nafsu, hanya ibadah.

Malamnya, kami  check-in di Hotel Grand Quality Jogja. Jelas, semuanya merasa lelah, tapi masih bersenang-senang dan menikmati kasur setelah tidur di bus.