Kamis, 03 Oktober 2013

Menjadi Perwakilan Kelas

Belakangan ini saya sedang sibuk mengurusi beberapa hal, tugas, karya tulis, ulangan, dan lain-lain sehingga waktu untuk menulis terpotong. Sebuah peristiwa yang penting terjadi selama waktu saya tidak menulis, saya menjadi anggota MPK komisi 1 (Kerohanian dan Pendidikan). Majelis Perwakilan Kelas, setingkat lembaga legislatif di tingkat sekolah, dan OSIS sebagai eksekutifnya. Entah kenapa saya menjadi MPK, padahal awalnya saya menolak keras menjadi anggota OSIS atau MPK.

MPK diambil dari masing-masing kelas perwakilan 2 orang, dari kelas saya hanya 2 orang yang mau termasuk saya, jadi tidak ada perjuangan berat seperti voting di kelas lain. Pelatihan dimulai 29 September 2013, kami belajar persidangan, baris-berbaris, kepemimpinan, dan yang macam itu. Bagi OSIS masih ada seleksi CACAPSIS (Calon-Calon Pengurus OSIS) dan diseleksi menjadi CAPSIS (Calon Pengurus OSIS) yang nantinya akan menjadi pengurus OSIS. 9 September merupakan hari yang sangat penting baagi kami OSIS dan MPK, ialah hari Lintas Juang 11 km yang merupakan tanda bahwa kami sudah resmi dilantik sebagai pengurus OSIS dan MPK.
Jujur, saya kesal melihat teman-teman saya yang berkualitas tapi tidak terpilih. Mereka sudah berusaha maksimal untuk mejadi bagian dari pengurus OSIS. Tapi tidak seperti tahun sebelumnya, MPK tidak dipilih setelah pemilihan pengurus OSIS. Sekarang yang CACAPSIS tidak dapat mencalonkan menjadi MPK karena nanti kesempatannya menjadi pengurus OSIS akan hilang.

Kegiatan yang kita laksanakan sebagai MPK SMP Labschool, ada lumayan. Seperti yang sudah dilaksanakan, kita melakukan sidang Anggaran Dasar MPK, ikut upacara sekaligus mengawas, dan ikut lari pagi hari Jum’at. Hal-hal seperti itu memang mengganggu pembelajaran, tapi sekaligus memberikan kemampuan untuk menentukan prioritas, bekerja cepat, disiplin dan tanggung jawab. Tapi jujur saja saya kurang cakap di bagian disiplin, karena saya jarang ikut lari pagi, salah satu alasannya karena saya terbiasa bangun siang dan setelah itu ada pelajaran olahraga.