Jumat, 16 Agustus 2013

Arti Syukur


Assalamu’alaikum para pembaca..

Hari Jum’at ini di ketika Shalat Jum’at, sang khotib memberikan sebuah topik yang menarik. Tema khutbah nya adalah bersyukur. Saya hanya sekedar sharing dan mengingatkan, juga untuk diri saya sendiri yang kadang kurang bersyukur. Sang khatib berkata “Bersyukur adalah mengelola sesuatu yang telah diberikan kepada kita”.

Artinya dengan kita mengelola yang diberikan kepada kita, maka otomatis kita mensyukuri pemberian itu. Kita diberi Allah otak untuk berpikir, dan kita gunakan untuk belajar dan mengajar orang lain, itu adalah bersyukur. Manusia disuruh Allah untuk bersyukur seperti yang disampaikan “Wahai keluarga Daud, bekerja keraslah kamu sebagai tanda syukur mu”. Keluarga Daud yang dimaksud adalah Nabi Sulaiman, Nabi Sulaiman mendapatkan kekayaannya sebagai warisan ayahnya, Daud. Nabi Sulaiman disuruh untuk bekerja dan mengembangkan harta yang diberikan kepadanya sebagai tanda syukurnya.

Kadang-kadang kita juga lupa bahwa kita sudah diberi nikmat yang tak terhingga leh Allah SWT, dan lupa mensyukurinya. Ada baiknya memulai dengan mengelola rezeki yang sudah diberikan kepada kita, dan mensyukuri nikmat yang sudah ada. Seperti saya yang ingiiin beli hp baru padahal yang lama masih ada, saya lupa mensyukurinya. Mudah-mudahan tulisan kali ini dapat mengingatkan kita untuk selalu bersyukur atas nikmat Allah.

Sekian, Wassalamu’alaikum