Selasa, 18 Juni 2013

Digital Arts


Pada hari kedua (18/06/13) Digital Labs ini, kami mendapat 2 materi tentang membuat karya seni menggunakan teknologi. Materi pertama adalah tentang digital music yang dibawakan oleh Sekolah Musik Indonesia. Selanjutnya adalah tentang digital drawing dan photography oleh Tekno Logika.

Yang pertama adalah dari Sekolah Musik Indonesia tentang membuat digital music menggunakan software Pro Tools yakni salah satu software Standar Internasional, dengan bantuan laptop dan keyboard khusus yang tidak menggunakan listrik melainkan sambungan USB ke Laptop/Komputer. Pembicara kami, Kak Ryo zee sudah berkeliling Indonesia bahkan luar negeri untuk workshop seperti ini, membuat musik background film-film terkenal, membuat musik untuk para penyanyi seperti Agnes Monica dan juga mengajar tentang digital music. Ternyata Kak Ryo zee ini sudah menjadi dosen musik lho! Betapa bangganya diriku menjadi murid Labschool dan bisa mendapat pengetahuan dari orang seperti Kak Ryo zee.

 Software ini sangat hebat hingga membuat band dengan segala macam alat musik spserti drum, electric guitar dan bass dapat kita ciptakan sendiri dengan efek suara yang sudah built-in di Pro Tools, kita tinggal menekan tuts keyboard dengan nada yang kita inginkan. Ternyata membuat musik dengan choir  (paduan suara) juga dapat dilakukan hanya dengan software ini saja dan tanpa perlu me-record choir yang menyanyi.

Juga jangan khawatir jika tidak pandai memainkan alat musik karena software ini menyediakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk memainkan sebuah lagu yang sudah built-in dengan menekan satu tuts saja! Bayangkan betapa mudahnya bermain musik dengan alat seperti itu? Seperti fitur-fitur yang amazing, tentunya harganya juga amazing, Rp 2,5 juta untuk software asli Pro Tools dari Avid dan keyboard khususnya. System requirementsnya juga tinggi, Graphic card dedicated, RAM 4GB, dan free Hard Disk Space sebesar 15 Gigabyte. Melihat requirement seperti itu, akan susah untuk meng-crack software, mendapatkan keyboardnya dan netbook acer ku ini juga akan kewalahan J

Seusai materi digital music, kami mendapatkan pengetahuan tentang drawing dan photo editing menggunakan software Adobe Creative Suite CS6. Materi kedua ini dibawakan oleh Tekno Logika-distributor resmi dari Adobe dan Wacom, Tekno Logika juga memberikan promo untuk produk asli Adobe dengan discount 90% Bayangkan berapa besar keuntungannya hanya dengan mencantumkan merk Adobe itu? Di kegiatan Digital Labs, Tekno Logika mengadakan Workshop juga digital Expo.

Kami diberikan overview dari menggunakan Adobe Photoshop CS6 dengan segala fitur yang memberikannya kemudahan seperti menghilangkan subjek dari foto, menggerakkan bagian tubuh subjek, meluruskan foto dengan fish eye dan bahkan Adobe Photoshop CS6 juga bisa mengedit video lho! Kami juga diperkenalkan dengan sebuah hardware tambahan yaitu drawing tablet Wacom, yang berfungsi sebagai kursor dan memudahkan untuk menggambar karena seperti touchpad dengan stylus (pulpen). Selain itu ditunjukkan juga Adobe Flash CS6 dengan fitur barunya untuk membuat animasi api, asap dan lain-lain dengan menggambar polanya. Kelompok software Adobe ini sangat berguna dan memudahkan kita dalam editing, membuat animasi dan film. Namun harga untuk membeli software aslinya sangat mahal sehingga orang malah menggunakan crack, seperti saya hehehe. Namun jangan khawatir karena Adobe menjanjikan software asli yang murah untuk pelajar dan guru mulai beberapa tahun kedepan (artinya masih lama..).

Pendapat saya mengenai Digital Labs hari kedua ini sangat menarik dibanding hari sebelumnya. Pengetahuan yang diberikan kali ini sangat unik dan menarik serta sedikit mengurangi faktor promosi. Bagian favorit saya hari ini adalah belajar digital music, karena membuat kita tahu bahwa membuat musik bukan hanya do re mi fa sol saja. Saya juga agak kecewa karena blog saya tidak menang lomba karena mentionnya tidak sampai (maklum jarang buka Twitter) dan karena tidak bisa menjalankan software Pro Tools. Tapi overall saya tetap sangat menikmati pengalaman ini.