Kamis, 14 Maret 2013

Trip to Taman Langsat & Taman Ayodya


Hari Selasa (12/3/13) yang lalu, saya dan keluarga pergi mengunjungi taman-taman di daerah Kota Jakarta untuk mengisi liburan. Taman yang kami kunjungi adalah Taman Ayodya dan Taman Langsat, karena kedua taman tersebut letaknya berdekatan. Kali ini saya akan membahas mengenai pengalaman saya berjalan-jalan di kedua taman tersebut, siapa tahu teman-teman pembaca juga ingin jalan-jalan.

Pertama, saya dan keluarga mengunjungi Taman Langsat yang terletak di Jalan Langsat, Jakarta Selatan. Taman ini disebut sebagai ‘Hidden Park’ karena keberadaannya yang tidak banyak diketahui orang yang disebabkan oleh adanya pasar burung yang menutupi bagian taman yang menghadap ke jalan, membuat taman tidak terlihat dari jalan. Letak taman ini adalah persis didepan rumah buyut saya, tetapi eyang saya juga belum pernah memasuki taman tersebut. Katanya taman ini dahulunya digunakan sebagai lokasi syuting, taman ini juga baru diresmikan oleh gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo tahun 2010 tapi dengan kriteria sebagai taman lansia. Sekarang taman ini dijadikan taman umum yang dapat digunakan untuk jogging,  jalan kaki, ataupun relaxing saja.


Me & dad at Taman Langsat
Taman ini memiliki luas kurang lebih 3.5 hektar dan diisi oleh pohon-pohon besar yang rindang, membuat Taman Langsat sejuk, tidak panas dan terlihat asri. Taman Langsat ini juga memiliki jalur yang menggunakan batu untuk refleksi serta tempat duduk yang banyak untuk duduk dan beristirahat serta memandang keindahan. Taman ini juga dilengkapi dengan wi-fi yang di support oleh @wi-fi id. Di tengah taman ada air sungai yang mengalir, sayangnya sungai tersebut keruh dan menimbulkan bau.


Selanjutnya kami berangkat lagi ke Taman Ayodya yang terletak tidak jauh dari Taman Langsat yaitu di Jalan Barito didepan Wisma Mahakam. Taman Ayodya memiliki luas yang lebih kecil daripada Taman Langsat, kira-kira kurang dari setengahnya Taman Langsat


Taman Ayodya letaknya berada di pinggir jalan raya, sehingga tempatnya harus lebih kecil. Di tengah taman ini ada sebuah kolam yang memiliki air mancur yang menyala sampai jam 9 pagi, kolam tersebut juga diisi dengan ikan, airnya pun juga bersih dan tidak berbau, sayangnya masih agak keruh. Taman tersebut diisi oeh pohon-pohon kecil, rumput, dan berbagai tanaman bunga, membuat pemandangan di taman ini indah dipandang. Taman ini juga memiliki semacam tangga yang dapat digunakan untuk duduk-duduk. Walaupun kecil, taman ini sudah memberikan penghijauan kepada kota, tempat rekreasi, tempat bersantai dan olahraga yang baik.

Jadi, kesimpulan saya adalah: Taman Langsat cocok untuk lari pagi dan jogging karena luas, lebih cocok untuk bersantai karena memiliki pohon yang lebih besar dan teduh, dan tidak berhadapan langsung dengan jalan raya sehingga tidak bising dan tidak terlalu ramai juga. Taman Ayodya memiliki tampilan yang lebih modern dan memiliki fungsi taman yang baik juga, berhadapan dengan jalan raya, pohonnya juga tidak terlalu besar, dan dihiasi oleh air mancur.

So, taman apapun pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Tetapi taman yang baik tetaplah yang memiliki fungsi taman yang baik serta memiliki lingkungan yang asri. Jakarta tidak hanya dipenuhi macet, polusi dan ‘hutan besi’. Tetapi Jakarta juga memiliki taman yang indah untuk menyeimbanginya. Sebaiknya anda berkunjung ke taman-taman karena berguna untuk olahraga dan melepaskan stress.

Semoga tulisan saya dapat berguna dan bisa mendorong anda untuk berekreasi juga ke taman.